Skip to main content

UNTUK PARA SUAMI JANGAN MUDAH MENCERAIKAN ISTRIMU

UNTUK PARA SUAMI JANGAN MDAH MENCERAIKAN ISTRI HANYA KARENA BOSAN


Umar bin Khaththab ra. pernah mengecam seseorang yang ingin menceraikan istrinya karena sudah tidak mencintainya lagi, 

”Celakalah, kamu! Apakah semua rumah tangga dibangun atas dasar cinta semata? 
Ke mana rasa sungkan, malu, dan perlindunganmu terhadap pasangan hidupmu?”
Problem rumah tangga itu takarannya beda-beda. Bentuknya juga beda-beda.
 Selain itu, kemampuan dan cara menyikapinya juga beda-beda. 
Namun, yang pasti, nasihat dan ajarannya sama.

Umar bin Khatab Berkata kepada Seserang yang ingin menceraikan istrinya, "Kenapa kamu ingin menceraikan Isterimu ?" Dia menjawab, "Karena aku sudah tidk mencintainya lagi." Umar berkata, "Apakah Setiap rumah tangga dibangun diatas cinta ? lalu dimanakah tanggung jawab dan kehormatan !".

Begitu mudahnya kata cerai diucapkan hanya karena bosan dengan istrinya saja.


وَلَا تَمُدَّنَّ عَيْنَيْكَ إِلَىٰ مَا مَتَّعْنَا بِهِۦٓ أَزْوَٰجًا مِّنْهُمْ زَهْرَةَ ٱلْحَيَوٰةِ ٱلدُّنْيَا لِنَفْتِنَهُمْ فِيهِ ۚ وَرِزْقُ رَبِّكَ خَيْرٌ وَأَبْقَىٰ


”Janganlah kamu mengarahkan pandanganmu kepada apa yang telah Kami berikan kepada golongan-golongan dari mereka, sebagai bunga kehidupan dunia. Agar Kami uji mereka dengan kesenangan itu. Dan karunia Rabb-mu lebih baik dan lebih kekal.”
 (QS. Thaha [20]:131)

Menurut Qatadah, bunga kehidupan dunia adalah perhiasan dunia. Kebaikan dan kesenangan di dunia. Inilah yang sering kali menjadi penyebab seseorang berpaling dari pasangannya, yaitu ketidakpuasan terhadap kenikmatan yang dimilikinya. Lebih silau terhadap kenikmatan yang tampak dari orang lain. Inilah salah satu problem rumah tangga yang sering terjadi belakangan ini.
Rasulullah saw. bersabda,

 ”Sungguh beruntung orang yang masuk Islam, diberi kecukupan rezeki dan diberi rasa puas dengan apa yang diberikan Allah.” (HR. Muslim).

Menikah bukan hanya soal bosan, tidak cinta lagi atau hanya soal meminta agar hak kita dipenuhi. Banyak hal lain dalam pernikahan. Belajar menurunkan ego dan gengsi bukan malah menceraikan istri dan mencari yang lain. Untuk para suami/istri Cobalah untuk Berkompromi demi keharmonisan. Bebagi kasih sayang dan cinta. Bekerja sama, saling respek, terbuka jika ada kesalahan istri yang tidak disukai suami beritahu istri dengan lemah lembut dan penuh cinta agar istri merasa dihargai suami. Jika semua dilakukan dengan ibadah insyaa Allah hubungan suami istri akan awet dan bahagia karena tujuan menikah itu apa ?
Menikah adalah perlombaan untuk membawa kebaikan kepada pasangan.
Suami membuat isrinya jadi lebih baik dan begitupun istri.
Karena pernikahan tidak hanya didunia. Kita juga mengharapkannya sampai disurgaNya.

Ibnu Jauzy Rahimahullah berkata :
"Sebagian orang ada yang berpaling dari istrinya dan lebih senang kepada wanita lain, padahal bisa jadi istrinya lebih baik. Hal itu karena aib-aib wanita lain belum dia ketahui dan seringnya baru tersingkap setelah bergaul dengannya. Oleh karena inilah jika dia telah bergaul dengan wanita baru yang dia cintai dan pergaulan telah menyikap apa yang sebelumnya tertutupi, diapun akan merasa bosan dan ingin mencari wanita lain tanpa pernah merasa puas".

Jika rumah tangga ingin awet jangan begini .
Diantara kesalahan terbesar dalam kehidupan berumah tangga adalah menyebarkan rahasia rumah tangga dan curhat kepada orang yang tidak bisa memberi solusi, jawaban, atau jalan keluar. Sehingga masalah justru menjadi semakin rumit. Maka, jagalah rahasia rumah tanggamu.
(Syaikh Hamd bin Abdurahman al kus Imam dan Khatib Masjid di Kuwait).

SUNNAH-SUNNAH YANG BISA DILAKUKAN SUAMI KEPADA ISTRI AGAR PERNIKAHAN TETAP HARMONIS :

1. Satu selimut berdua (HR. Tirmidzi)

2. Makan minum segelas berdua (HR. Bukhari)

3. Mencium stri sering-sering (HR. Annasa'i)

4. Mandi bersama istri (HR. Annasa'i)

5. Menyikat/menyisir rambut suami (HR. Ahmad)

6. Membantu pekerjaan rumah tangga (HR. Muslim)

7. Membelai istri (HR. Ahmad)

8. Tetap romantis walau istri sedang haid (HR. Bukhari)

9. Menemani istri yang sedang sakit (HR. Ahmad)

10. Memebrikan Istri Hadiah (HR. Ahmad)

11. Mengajak istri ketika hendak keluar kota (HR. Bukhari dan Muslim)

12. Mendinginkan kemarahan istri dengan kemesraan (HR. Ibnu Sunni)

13. Memanggil dengan kata-kata mesra (HR. Muslim)

14. Tidur dipangkuan istri (HR. Bukhari)

Kamu seorang suami jadikan dirimu lelaki yang layak bagi istri.
Tundukanlah pandanganmu terhadap wanita lain.
Jangan bercanda dengan sembarang wanita lain.
Jangan ngelike foto selfie wanita lain.
Tidak chat tidak penting dengan wanita lain.

SUAMI YANG BAIK :

1. Jangan pernah berbohong

2. Jadilah seorang gentelmen 

3. Hormatilah istri anda.

4. Jangan pernah berselingkuh

5. Jangan jadi pemalas

6. Buang Keegoisan anda

7. Jangan menindas

8. Selalu terbuka pada istri

9. Buatlah istri merasa penting dang dihargai

10. Ekspresikan kasih sayang anda


Note : Untuk para suami yang merasa bosan dengan istrinya cobalah pandangi istrinya baik-baik bukankah dia yang kamu inginkan dan perjuangkan waktu kamu ingin menjadikan dia istri dan setelah menikahi dia tolong jaga dia dan sayangi dia setutlus hati karena tidak mudah seorang orangtua melepaskan anaknya untkmu dan disaat kamu sedang mengijab qobul disanalah orangtuanya harus melepaskan putri kesayangnnya dan dipercayakan kepadamu untuk merawat dan menyayangi anaknya dengan sepenuh hati bukan malah menyakiti dan meningalkan.
Allahua'lam 

Barokallahu fiik
 



Comments

Popular posts from this blog

GAMBARAN PANASNYA API NERAKA

GAMBARAN PANASNYA API NERAKA Panasnya api yang ada di dunia itu hanya 1/70 bagian dari panasnya api Neraka, yang setiap bagiannya sama dengan panasnya api dunia. Tidak cukup sampai di situ, bahkan saat satu bagian api Neraka itu hendak Allah turunkan di dunia, maka Allah menyelupkan dunia satu bagian api Neraka itu ke dalam lautan sebanyak dua kali agar berkurang panasnya, sehingga panasnya api di dunia masih bisa dimanfaatkan manusia. Kita berlindung kepada Allah dari panasnya Neraka Jahannam. Nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: نَارُكُمْ هَذِهِ الَّتِي يُوقِدُ بَنُو آدَمَ جُزْءٌ وَاحِدٌ مِنْ سَبْعِينَ جُزْءًا مِنْ نَارِ جَهَنَّمَ، قَالُوا: وَاللَّهِ إِنْ كَانَتْ لَكَافِيَةً، قَالَ: إِنَّهَا فُضِّلَتْ عَلَيْهَا بِتِسْعَةٍ وَسِتِّينَ جُزْءًا كُلُّهُنَّ مِثْلُ حَرِّهَا. "Api kalian ini yang dinyalakan anak cucu Adam adalah satu bagian dari tujuhpuluh bagian api Jahannam". Mereka berkata: "Demi Allah, sesungguhnya api dunia itu telah mencukupi".

TATA CARA SHALAT HAJAT LENGKAP, DARI NIAT DAN DOANYA YANG MUSTAJAB

TATA CARA SHALAT HAJAT LENGKAP, DARI NIAT DAN DOANYA YANG MUSTAJAB Maksud dari hajat adalah berkeinginan  dan jika kita berkeinginan mempunyai hajat kepada Allah maka shalat hajatlah. "Sesiapa yang mempunyai hajat kepada Allah Shubhanahu wata'ala atau kepada seorang manusia, maka hendaklah ia berwudhu dengan sebaik-baiknya kemudian dia Shalat dua raka'at." (HR. At-Tirmidzi). Sebagaimana Rasulullah Shollallahu ‘alayhi wasallam mengajarkan untuk meminta hajat kepada Allah Subhanahu wa ta'ala : لِيَسْاَلْ أَحَدُكُمْ رَبَّهُ حَجَتَهُ حَتَّى يَسْاَلَهُ الْمِلْحَ وَحَتَّى يَسْاَلَهُ شِسْعَ نَعْلِهِ إِذَاانْقَطَعَ “Hendaklah salah seorang dari kalian senantiasa meminta kebutuhannya kepada Allah, sampai pun ketika meminta garam, sampai pun meminta tali sendalnya ketika putus.”  (HR. Tirmdzi; Hasan). Shalat Sunnah Hajat dilakukan ketika (siang/malam) kecuali waktu yang dilarang melakukan shalat sunnah seperti selepas shalat subuh, ketika matahari naik, selepas shalat ashar

AMALAN-AMALAN DI SAAT HAID YANG BOLEH DILAKUKAN

 AMALAN-AMALAN DI SAAT HAID YANG BOLEH DILAKUKAN Kita tahu ibadah apa saja yang tidak bisa kita lakukan disaat haid seperti Sholat, Berpuasa, dan Tawaf. Lalu harus bagaimana caranya agar kita bisa selalu menjaga ibadah dan meningkatkan keimananan kita meskipun dalam keadaan haid. Jadi ada beberapa amalan yang bisa kita lakukan di saat haid. Lalu apa saja amalan itu ? Berikut ini beberapa amalan-amalan di saat haid yang boleh dilakukan : 1. Membaca Al-qur'an tanpa memegang mushaf Jadi ada dua pendapat membaca al-quran disaat haid itu ada yang mengatakan boleh dan tidak boleh  jadi kalian bisa membaca al-qur'an tanpa menyentuh mushafnya tetapi tafadhal (sliahkan) tidak memilh atau memilih terserah temen-temen mau pilih yang mana. Kita juga bisa membaca al-qur'an dengan menggunakan aplikasi al-qur'an yang ada terjemahannya. 2. Mendengarkan Murottal Al-qur'an Mendengarkan ayat-ayat Al-qur'an dengan menggunakan aplikasi hp yang sud