Skip to main content

TATA CARA AGAR SHOLAT KHUSYU'

 TATA CARA AGAR SHOLAT KHUSYU'

Khusyu' dalam shalat As-Syaikh Rabi' Al-Madkhali Hafizdahullah berkata, " Bersemangatlah untuk senantiasa khusyu' dalam shalatmu! engkau lupa akan dunia, lupa harta, dan keluarga, segala sesuatu, tidak ada dalam ingatanmu kecuali engkau menghadirkan kebesaran Allah subhanahu wa ta'ala, dan merenungkan ayat-ayat tersebut akan akan menambah imanmu. 

Majalis Tadzkiriyah : Washaya Luqman al-Hakim li ibnihi, 100

Shalatmu adalah kehidupanmu. Berkata asy Syaikh al Allamah Zaid al Madkhaliy rahimahullah :

Jagalah Shalatmu ! Apabila engku mencintai dirimu, 
engkau menginginkan keselamatan dari neraka saqar yang tidak meninggalkan dan tidak pula membiarkan (dari adzab). 
Mengharapkan darinya kehidupan yang penuh barokah ketika di dunia, kehidupan yang penuh cahaya di alam barzakh, dan kehidupan penuh kenikmatan yang abadi di jannah menjadi tetangga Allah Ar Rabbul Kariim. Al Afnan an Nadiyyah (1/341).

Adapun dosa bagi orang yang meninggalkan shalat :

SUBUH : 1 kali meninggalkan akan dicampakkan ke dalam neraka selama 60 tahun yang sama dengan 60.000 tahun di dunia.


DZUHUR : 1 kali meninggalkan dosanya sama dengan membunuh 1000 orang islam.


ASHAR : 1 kali meninggalkan dosanya sama dengan menutup/meruntuhkan ka'bah.


MAGRIB : 1 kali meninggalkan dosanya sama dengan berzina dengan ibunya (lelaki) atau ayahnya (perempuan).


ISYA' : 1 kali meninggalkannya tidak akan diredhai Allah Subhanahu wa ta'ala tinggal dibumi atau dibawah langit serta makan dan minum dari nikmatnya.



Ada juga yang tidak diterima shalatnya selama 60 tahun Rasulullah Shallahu'alaihi wa sallam bersabda : "Sesungguhgnya ada seseorang yang shalatnya selama 60 tahun namun tidak diterima shalatnya. Bisa jadi ia menyempurnakan ruku'nya namun tidak menyempurnakan sujudnya, namun tidak menyempurnakan ruku'nya." (Hadist dihasankan oleh Asy Syaikh Al Albaniy, dalam Shahih at Targhib no. 529).


"Seseorang yang shalat perlukan empat perkara supaya shalatnya sempurna dan diangkat kepada Allah" : Hati yang hadir, Akal yang konsentrasi, Sendi-sendi yang tunduk, Anggota-anggota tubuh yang khusyu'. Dan tanpa kehadiran hati, ia adalah yang lalai dalam shalat. Tanpa konsentrasi ia adalah orang yang lupa dalam shalat. Tanpa sendi-sendi yang tunduk ia adalah orang yang kaku dalam shalat. Tanpa anggota-anggota tubuh yang khusyu' adalah ia orang yang salah dalam shalat.


 Cara menumbuhkan rasa khusyu' dalam shalat :

  • Fahami bacaan dalam shalat
  • Membersihkan diri (Mandi & Bersugi)
  • Memakai pakain bersih dan rapi
  • Sholat dalam suasana yang tenang dan bersih
  • Fokus mata ke tempat sujud
  • Selesaikan dahulu hadas kecil dan hadas besar sebelum Shalat.

 

RAHASIA SHOLAT KHUSYU' DAN AGAR KHUSYU' DALAM SHALAT

1. Jika engkau berdiri untuk melaksanakan shalat, maka bertakbirlah, kemudian bacalah Al-Fatihah dan surah dalam Al-qur'an yang engkau pandang paling mudah dan memahami arti dalam surah Al-qur'an. Lisan mengucap, hati menghayati bacaan dalam shalat.

2. Lalu rukuklah dengan tenang (thuma'ninah) lalu bangunlah hingga engkau berdiri tegak.

4. Sujudlah dengan tenang, kemudian bangunlah hingga engkau duduk dengan tenang. Lakukanlah seperti itu.

5. Jangan lupa laksanakanlah shalat karena Allah dengan hati yang ikhlas Lillahita'ala".

6. Ketika sholat dan setiap hembusan nafas rasakanlah bahwa Allah berada didekatmu agar kamu merasakan kenikmatan dalam sholatmu.


Khusyu' tidak dapat diperoleh Jika :

1. Gerakan shloat terlalu cepat

2. Membaca terlalu tergesa-gesa

3. Tidak Fokus pada perbuatan

4. Tidak fokus pada pembacaan

5. Niat ingin segera selesai shalat


Do'a agar terhindar dari lalai dalam shalat :

رَبِّ ٱجْعَلْنِى مُقِيمَ ٱلصَّلَوٰةِ وَمِن ذُرِّيَّتِى ۚ رَبَّنَا وَتَقَبَّلْ دُعَآءِ 

"Ya Tuhanku, jadikanlah aku dan anak cucuku orang-orang yang tetap mendirikan shalat, ya Tuhan kami, perkenankanlah doaku."
(QS. Ibrahim:14:40).


Ada cara Sholat penuh Khusyu' dan bayangkan agar kita semangat dalam shalat :

1. Ka'bah ada di hadapan

2. Kaki dititian shirat

3. Ada surga dikanan

4. Ada neraka di kiri

5. Malaikat Izrail di belakang

6. Sedang melaksanakan shalat terakhir.


Selfreminder : " Jagalah shalatmu, ketika kamu kehilangan sholat, kau akan kehilangan segalanya".

                         - Ummar Bin Khatab

Allahua'lam...

Barokallahu fiik.....



Comments

Popular posts from this blog

GAMBARAN PANASNYA API NERAKA

GAMBARAN PANASNYA API NERAKA Panasnya api yang ada di dunia itu hanya 1/70 bagian dari panasnya api Neraka, yang setiap bagiannya sama dengan panasnya api dunia. Tidak cukup sampai di situ, bahkan saat satu bagian api Neraka itu hendak Allah turunkan di dunia, maka Allah menyelupkan dunia satu bagian api Neraka itu ke dalam lautan sebanyak dua kali agar berkurang panasnya, sehingga panasnya api di dunia masih bisa dimanfaatkan manusia. Kita berlindung kepada Allah dari panasnya Neraka Jahannam. Nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: نَارُكُمْ هَذِهِ الَّتِي يُوقِدُ بَنُو آدَمَ جُزْءٌ وَاحِدٌ مِنْ سَبْعِينَ جُزْءًا مِنْ نَارِ جَهَنَّمَ، قَالُوا: وَاللَّهِ إِنْ كَانَتْ لَكَافِيَةً، قَالَ: إِنَّهَا فُضِّلَتْ عَلَيْهَا بِتِسْعَةٍ وَسِتِّينَ جُزْءًا كُلُّهُنَّ مِثْلُ حَرِّهَا. "Api kalian ini yang dinyalakan anak cucu Adam adalah satu bagian dari tujuhpuluh bagian api Jahannam". Mereka berkata: "Demi Allah, sesungguhnya api dunia itu telah mencukupi".

TATA CARA SHALAT HAJAT LENGKAP, DARI NIAT DAN DOANYA YANG MUSTAJAB

TATA CARA SHALAT HAJAT LENGKAP, DARI NIAT DAN DOANYA YANG MUSTAJAB Maksud dari hajat adalah berkeinginan  dan jika kita berkeinginan mempunyai hajat kepada Allah maka shalat hajatlah. "Sesiapa yang mempunyai hajat kepada Allah Shubhanahu wata'ala atau kepada seorang manusia, maka hendaklah ia berwudhu dengan sebaik-baiknya kemudian dia Shalat dua raka'at." (HR. At-Tirmidzi). Sebagaimana Rasulullah Shollallahu ‘alayhi wasallam mengajarkan untuk meminta hajat kepada Allah Subhanahu wa ta'ala : لِيَسْاَلْ أَحَدُكُمْ رَبَّهُ حَجَتَهُ حَتَّى يَسْاَلَهُ الْمِلْحَ وَحَتَّى يَسْاَلَهُ شِسْعَ نَعْلِهِ إِذَاانْقَطَعَ “Hendaklah salah seorang dari kalian senantiasa meminta kebutuhannya kepada Allah, sampai pun ketika meminta garam, sampai pun meminta tali sendalnya ketika putus.”  (HR. Tirmdzi; Hasan). Shalat Sunnah Hajat dilakukan ketika (siang/malam) kecuali waktu yang dilarang melakukan shalat sunnah seperti selepas shalat subuh, ketika matahari naik, selepas shalat ashar

AMALAN-AMALAN DI SAAT HAID YANG BOLEH DILAKUKAN

 AMALAN-AMALAN DI SAAT HAID YANG BOLEH DILAKUKAN Kita tahu ibadah apa saja yang tidak bisa kita lakukan disaat haid seperti Sholat, Berpuasa, dan Tawaf. Lalu harus bagaimana caranya agar kita bisa selalu menjaga ibadah dan meningkatkan keimananan kita meskipun dalam keadaan haid. Jadi ada beberapa amalan yang bisa kita lakukan di saat haid. Lalu apa saja amalan itu ? Berikut ini beberapa amalan-amalan di saat haid yang boleh dilakukan : 1. Membaca Al-qur'an tanpa memegang mushaf Jadi ada dua pendapat membaca al-quran disaat haid itu ada yang mengatakan boleh dan tidak boleh  jadi kalian bisa membaca al-qur'an tanpa menyentuh mushafnya tetapi tafadhal (sliahkan) tidak memilh atau memilih terserah temen-temen mau pilih yang mana. Kita juga bisa membaca al-qur'an dengan menggunakan aplikasi al-qur'an yang ada terjemahannya. 2. Mendengarkan Murottal Al-qur'an Mendengarkan ayat-ayat Al-qur'an dengan menggunakan aplikasi hp yang sud