Skip to main content

GAMBARAN PANASNYA API NERAKA

GAMBARAN PANASNYA API NERAKA


Panasnya api yang ada di dunia itu hanya 1/70 bagian dari panasnya api Neraka, yang setiap bagiannya sama dengan panasnya api dunia. Tidak cukup sampai di situ, bahkan saat satu bagian api Neraka itu hendak Allah turunkan di dunia, maka Allah menyelupkan dunia satu bagian api Neraka itu ke dalam lautan sebanyak dua kali agar berkurang panasnya, sehingga panasnya api di dunia masih bisa dimanfaatkan manusia. Kita berlindung kepada Allah dari panasnya Neraka Jahannam.

Nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

نَارُكُمْ هَذِهِ الَّتِي يُوقِدُ بَنُو آدَمَ جُزْءٌ وَاحِدٌ مِنْ سَبْعِينَ جُزْءًا مِنْ نَارِ جَهَنَّمَ، قَالُوا: وَاللَّهِ إِنْ كَانَتْ لَكَافِيَةً، قَالَ: إِنَّهَا فُضِّلَتْ عَلَيْهَا بِتِسْعَةٍ وَسِتِّينَ جُزْءًا كُلُّهُنَّ مِثْلُ حَرِّهَا.

"Api kalian ini yang dinyalakan anak cucu Adam adalah satu bagian dari tujuhpuluh bagian api Jahannam". Mereka berkata: "Demi Allah, sesungguhnya api dunia itu telah mencukupi". Beliau bersabda: "Sesungguhnya api Jahannam melebihi api dunia dengan enampuluh sembilan bagian dan setiap bagian panasnya semisal api dunia." (HR. Bukhari 3265 dan Muslim 2843)


Dalam riwayat Ahmad hadits di atas ada tambahan redaksi:

ضُرِبَتْ بِالْبَحْرِ مَرَّتَيْنِ، وَلَوْلَا ذَلِكَ مَا جَعَلَ اللَّهُ فِيهَا مَنْفَعَةً لِأَحَدٍ.

"Dan telah dicelupkan ke dalam lautan sebanyak dua kali. Seandainya tidak seperti itu, niscaya Allah tidak menjadikan adanya manfaat pada api tersebut bagi seorang pun." (HR.Ahmad 10.032. Kata Al Albani rahimahullah dalam Shahih At-Targhib 3666, Shahih)

SIKSAAN PALING RINGAN DI NERAKA DAN DEMI ALLAH BADAN KITA TIDAK MAMPU MENAHAN SIKSAAN YANG RINGAN INI !


Rasulullah Shallallahu'alaihi wa sallam Bersabda :

"Sesungguhnya penduduk neraka yang paling ringan siksaannya adalah seseorang yang mengenakan dua sandal dan dua tali sandal dari neraka, kemudian otaknya mendidih karena panasnya sebagaimana kuali mendidih. Orang tersebut merasa bahwa tidak ada orang lain yang siksaannya lebih pedih dari padanya, padahal siksaannya adalah yang paling ringan diantara mereka." 

(HR. Muslim, No : 314)


Besarnya Neraka juga bisa digambarkan Dari Ibnu Mas'ud Rhadiyallahu'anhu, Nabi Shallallahu'alaihi wa sallam bersabda :

"Di datangkan Neraka di hari itu, dalam keadaan ia memiliki 70.000 tali kekang, setiap tali kekang diseret 70.000 malaikat."

(HR. Muslim dan At-Tirmidzi).


"Dan tidakah nanti seseorang akan diseret ke neraka dengan wajah-wajah mereka (di tanah), terkecuali itu karena ulah lidah mereka". 

(HR. At-Tirmidzi,Ibnu Majah, dan Al-Hakim)


Ayat Al Qur'an yang menggambarkan siksa neraka adalah :



وَلَوْ تَرَىٰٓ إِذْ يَتَوَفَّى ٱلَّذِينَ كَفَرُوا۟ ۙ ٱلْمَلَٰٓئِكَةُ يَضْرِبُونَ وُجُوهَهُمْ وَأَدْبَٰرَهُمْ وَذُوقُوا۟ عَذَابَ ٱلْحَرِيق

Artinya : "Dan sekiranya kamu melihat ketika para malaikat mencabut nyawa orang-orang yang kafir sambil memukul wajah dan punggung mereka (dan berkata), "Rasakanlah olehmu siksa neraka yang membakar."

(QS. Al-Anfal Ayat 50)


ثُمَّ إِنَّكُمْ أَيُّهَا ٱلضَّآلُّونَ ٱلْمُكَذِّبُون (١٥) لَءَاكِلُونَ مِن شَجَرٍ مِّن زَقُّومٍ (٢٥) فَمَالِـُٔونَ مِنْهَا ٱلْبُطُون (٣٥


Artinya : "Kemudian sesungguhnya kamu, wahai orang-orang yang sesat lagi mendustakan. Pasti akan memakan pohon zaqqum, maka akan penuh perutmu dengannya."

(QS. Al-Waqi'ah Ayat 51-53).



  (؊) لَّيْسَ لَهُمْ طَعَامٌ إِلَّا مِن ضَرِيعٍ (٦)  لَّا يُسْمِنُ وَلَا يُغْنِى مِن جُوعٍ   


Artinya : "Tidak ada makanan bagi mereka selain dari pohon yang berduri, yang tidak menggemukkan dan tidak menghilangkan lapar.

(QS. Al-Ghasiyah Ayat 6-7).


Demikianlah sedikit gambaran tentang panansnya api neraka didunia saja ketika kita sedkit terkena percikan api sudah merasa sakitnya luar biasa apalagi kelak di akhirat ..

Semoga Allah Azza wa jalla melindungi kita dari siksa pedihnya api neraka dan semoga kita termasuk golongan penghuni surgaNya aamiin allahumma aamiin.

Comments

Popular posts from this blog

TATA CARA SHALAT HAJAT LENGKAP, DARI NIAT DAN DOANYA YANG MUSTAJAB

TATA CARA SHALAT HAJAT LENGKAP, DARI NIAT DAN DOANYA YANG MUSTAJAB Maksud dari hajat adalah berkeinginan  dan jika kita berkeinginan mempunyai hajat kepada Allah maka shalat hajatlah. "Sesiapa yang mempunyai hajat kepada Allah Shubhanahu wata'ala atau kepada seorang manusia, maka hendaklah ia berwudhu dengan sebaik-baiknya kemudian dia Shalat dua raka'at." (HR. At-Tirmidzi). Sebagaimana Rasulullah Shollallahu ‘alayhi wasallam mengajarkan untuk meminta hajat kepada Allah Subhanahu wa ta'ala : لِيَسْاَلْ أَحَدُكُمْ رَبَّهُ حَجَتَهُ حَتَّى يَسْاَلَهُ الْمِلْحَ وَحَتَّى يَسْاَلَهُ شِسْعَ نَعْلِهِ إِذَاانْقَطَعَ “Hendaklah salah seorang dari kalian senantiasa meminta kebutuhannya kepada Allah, sampai pun ketika meminta garam, sampai pun meminta tali sendalnya ketika putus.”  (HR. Tirmdzi; Hasan). Shalat Sunnah Hajat dilakukan ketika (siang/malam) kecuali waktu yang dilarang melakukan shalat sunnah seperti selepas shalat subuh, ketika matahari naik, selepas shalat ashar

AMALAN-AMALAN DI SAAT HAID YANG BOLEH DILAKUKAN

 AMALAN-AMALAN DI SAAT HAID YANG BOLEH DILAKUKAN Kita tahu ibadah apa saja yang tidak bisa kita lakukan disaat haid seperti Sholat, Berpuasa, dan Tawaf. Lalu harus bagaimana caranya agar kita bisa selalu menjaga ibadah dan meningkatkan keimananan kita meskipun dalam keadaan haid. Jadi ada beberapa amalan yang bisa kita lakukan di saat haid. Lalu apa saja amalan itu ? Berikut ini beberapa amalan-amalan di saat haid yang boleh dilakukan : 1. Membaca Al-qur'an tanpa memegang mushaf Jadi ada dua pendapat membaca al-quran disaat haid itu ada yang mengatakan boleh dan tidak boleh  jadi kalian bisa membaca al-qur'an tanpa menyentuh mushafnya tetapi tafadhal (sliahkan) tidak memilh atau memilih terserah temen-temen mau pilih yang mana. Kita juga bisa membaca al-qur'an dengan menggunakan aplikasi al-qur'an yang ada terjemahannya. 2. Mendengarkan Murottal Al-qur'an Mendengarkan ayat-ayat Al-qur'an dengan menggunakan aplikasi hp yang sud